Komponen Utama Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer terdiri dari berbagai komponen didalamnya. Beberapa komponen yang ada dalam sebuah jaringan komputer tersebut antara lain komputer server, komputer client atau workstation, serta peralatan untuk melakukan interkoneksi jaringan seperti bridge, router dan gatewat. 

PC Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringa komputer. Server ini didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server ini juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Client/Workstation

Client merupakan komputer yang terhubung dengan sebuah local-area network (LAN). Client juga disebut sebagai workstation yaitu komputer yang digunakan oleh penggunanya untuk bekerja.
Istilah workstation bisa juga digunakan untuk menyebut komputer yang digunakan untuk aplikasi teknik (CAD/CAM), desktop publishing, pengembangan software, atau aplikasi-aplikasi lainnya. Workstation dituntut mempunyai tingkat komputasi dan kemampuan grafis yang cukup tinggi.

Media transmisi

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.
Karakteristik media transmisi ini bergantung pada:
  • Jenis alat elektronika
  • Data yang digunakan oleh alat elektronika tersebut
  • Tingkat keefektifan dalam pengiriman data
  • Ukuran data yang dikirimkan
Dalam kasus lainnya terkadang, komponen utama jaringan komputer juga terdiri atas 3 bagian yakni host atau node, link dan software.

Host atau Node (Simpul)

Node merupakan sistem komputer utama jaringan, berupa komputer yang dapat diakses oleh pemakai. Agar komputer dapat terhubung dalam jaringan, maka pada CPU harus terpasang peralatan tambahan berupa Network Interface Card (NIC) atau LAN Card, dan secaraumumdisebut Ethernet.

Link (Saluran)

Link merupakan media penghubung antar komputer yang satu dengan yang lain. Media saluran yang biasanya dipakai pada jaringan dalam skala kecil adalah kabel LAN.

Software (Perangkat Lunak)

Program komputer merupakan komponen paling penting pada jaringan yang berfungsi mengelola antar    node sehingga dapat saling berhubungan. Hubungan dalam jaringan komputer dapat diterapkan pada 2 (dua) buah komputer atau lebih. Bentuk Struktur Jaringan komputer disesuaikan dengan jumlah komputer dan jenis topologi yang digunakan. Topologi Jaringan adalah struktur jaringan untuk mengidentifikasi cara bagaimana node di dalam jaringan saling berhubungan.

0 comments: